Setelah mempelajari blok ini mahasiswa diharapkan mampu  menerapkan prinsip dari kewirausahaan dalam upaya menghasilkan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Unswagati yang memiliki kemampuan dalam bidang kewirausahaan atau menjadi dokter yang enterpreneur. Adapun materi utama dari blok ini adalah tentang bagaimana Kepemimpinan dari seorang dokter serta bagaimana kewirausahaan dapat membentuk mental dan jiwa dari seorang dokter

Setelah mempelajari blok ini mahasiswa semester 2 mampu menjelaskan ilmu biomedik yang berhubungan dengan struktur, fungsi dan metabolisme pada sistem kardiovaskuler dan respirasi serta menerapkan ilmu tersebut dalam melakukan pemeriksaan pada sistem kardiovaskuler dan respirasi, dengan menunjukkan sikap profesional, mawas diri dan belajar sepanjang hayat.

Setelah mempelajari blok ini mahasiswa mampu :

-       Menunjukkan karakter, bersikap dan berbudaya menolong.

-       Menyadari keterbatasan kemampuan diri.

-       Menerima dan merespon positif umpan balik dari pihak lain untuk pengembangan diri.

-       Menyadari kinerja profesionalitas diri dan mengidentifikasi kebutuhan belajar untuk mengatasi kelemahan.

-       Melakukan komunikasi dengan masyarakat dalam rangka mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat bersama – sama.

-       Memanfaatkan keterampilan pengelolaan informasi kesehatan untuk dapat belajar sepanjang hayat.

-       Menerapkan ilmu biomedik yang  berhubungan dengan struktur  makroskopis dan mikroskopis, fungsi dan metabolisme sistem kardiovaskuler dan respirasi.

-       Melakukan autoanamnesis dan melakukan pemeriksaan fisik umum dan khusus sesuai dengan masalah pasien yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler dan respirasi.


Setelah mempelajari blok ini mahasiswa semester 4 mampu menerapkan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan  pada sistem kardiorespirasi secara holistik dan komprehensif  serta mampu melakukan komunikasi efektif dan prosedur klinis sesuai dengan masalah kesehatan pada sistem kardiorespirasi dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri dan orang lain serta memiliki perilaku profesional, mawas diri dan belajar sepanjang hayat.


Setelah mempelajari blok ini mahasiswa mampu :

  • Menunjukkan perilaku profesional.
  • Menerapkan mawas diri dan mempraktikkan belajar sepanjang hayat.
  • Berkomunikasi dengan pasien dan keluarganya.
  • Mengakses dan menilai informasi dan pengetahuan.
  • Menerapkan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif.
  • Melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri dan orang lain.
  • Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer.



Setelah mempelajari blok ini mahasiswa semester 6 mampu menjelaskan tentang proses kehamilan, persalinan, nifas, kelainan organ maternal, dan perubahan yang terjadi awal masa kehidupan, serta mampu menerapkannya dalam mengatasi permasalahan di masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak.

Setelah mempelajari blok ini mahasiswa mampu

1.   Menjelaskan tentang proses kehamilan, persalinan dan nifas

2.   Menjelaskan tentang kelainan pada organ maternal

3.   Menjelaskan tentang perkembangan bayi selama fase awal masa kehidupan.

4.   Menjelaskan tentang masalah yang dapat terjadi pada ibu hamil dan bayi baru lahir.

5.   Menjelaskan masalah etik medikolegal yang berhubungan dengan ibu hamil dan bayi baru lahir.

6.   Mengetahui cara melakukan pemasangan IUD dan implan.

7.   Melakukan ANC dan pemeriksaan leopold dengan benar.

8.   Melakukan prosedur persalinan bayi dan pemeriksaan bayi baru lahir.